Gua Maria Bukit Kanada terletak di sebelah timur kota Rangkasbitung, Kampung Narimbang Dalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Rupanya dari sinilah nama Kanada itu muncul “Kampung Narimbang Dalam”.

Gua Maria ini dibangun tahun 1988. Dibangun oleh umat Paroki Rangkasbitung dengan bantuan dari pimpinan Kongregasi Suster-suster Fransiscan Sukabumi di Rangkasbitung. Gua Maria ini diberkati oleh Mgr. Ign. Harsono, Pr.

Bagi umat Paroki Cililitan yang akan berziarah ke Gua Maria Kanada, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kereta. Umat sendiri lebih banyak memilih jalur kereta untuk mencapainya, lebih cepat, tidak macet, lebih ekonomis.

Yuk kita lihat rutenya menggunakan kereta Commuter Line.

Dari Gereja St Robertus Bellarminus menuju Stasiun Kalibata atau bisa Stasiun Pasar Minggu  , pilih yang mudah dijangkau.

Transit di stasiun Manggarai pilih jalur ke stasiun Tanah Abang. Dari Stasiun Tanah Abang pilih jalur ke Rangkasbitung. Waktu tempuh Tanah Abang – Rangkasbitung sekitar 2 jam.

Turun di Stasiun akhir yaitu Rangkasbitung, dari depan stasiun naik angkot merah yang biasa sudah siap terparkir langsung menuju Gua Maria. Biasanya para supir angkot sudah mengerti saat kita bilang ” Gua Maria”.  Jika lalu lintas lancar, dapat dicapai dengan 15 – 20 menit.

Bisa juga menyewa angkot jika datang dengan rombongan kecil. Ongkos angkot sekitar Rp7.000 per orang.

Jika menggunakan mobil atau motor online, Anda harus berjalan kaki dulu ke arah Jalan Sunan Kalijaga atau depan Pasar Rangkasbitung.

Sebelum berencana ziarah menggunakan KRL Commuter Line, pastikan mempunyai Kartu e-money atau Kartu Multi Trip (KMT). Bisa menggunakan BCA – Flazz, Mandiri – e-Money, BNI – TapCash, BRI – Brizzi, dan masih banyak lagi. Jika ingin pakai KMT, bisa membeli perdana KMT di seluruh loket stasiun dengan harga Rp30.000 untuk Kartu Multi Trip Reguler dengan minimal top up saldo Rp10.000.

Setiap minggu pertama dalam bulan , pukul 11.00 diadakan Novena kepada Bunda Maria dari Lourdes yang dilanjutkan Perayaan Ekaristi di Kapel Santa Maria Lourdes. Umat dapat berdoa di Grotto Kebangkitan di tengah rimbunnya pepohonan. Jalan Salib kecil terletak di depan dengan jalur yang lansia dan difabel friendly. Sedangkan jalur Jalan Salib besar, umat harus naik turun tangga melalui hutan. Anda bisa mengambil air segar dari beberapa mata air dan sumur di depan patung Pieta.

Gua Maria ini sangat teduh diantara pepohonan, suasana sejuk, hening dan damai. Merupakan tempat yang nyaman untuk berdoa dan devosi kepada Bunda Maria.

 

Gua Maria Kanada Rangkasbitung

Gua Maria Kanada Rangkasbitung

 

Sumur dan air suci

Sumur dan air suci di kompleks Gua Maria Rangkasbitung, Lebak Banten