Di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2  ada tempat religi yang baru saja diresmikan yaitu Taman Doa Our Lady of Akita.

Taman Doa ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga untuk mengenang peristiwa Ilahi Patung Bunda Maria meneteskan airmata hingga 101 kali yang terjadi di Akita, Jepang di tahun 1975-1981.

Di Taman Doa ini terdapat The Garden of Lamb, yaitu 14 perhentian jalan salib dan patung Yesus Bangkit, serta The Garden of Mary yaitu danau cantik dengan patung Bunda Maria di tengahnya.

Di sisi kiri kapel, terdapat patung Santo Yosef Tidur. Umat yang berkunjung dapat menitipkan intensi doa pada lubang di bagian bawah patung.

Di dalam kapel terdapat patung kayu Bunda Maria dan Santo Yosef yang sama persis dengan aslinya di Jepang. Dipahat sendiri oleh daiku (ahli kayu) menggunakan kayu Katsura, material kayu yang juga digunakan di gereja Our Lady of Akita, Jepang.

Patung Santo Peregrinus (Santo pelindung para penderita kanker dan penyakit yang sulit disembuhkan) serta Santo Antonius Padua (Santo pelindung barang-barang yang hilang) juga ada di dalam kapel.

Kapel Taman Doa ini terinspirasi dari Taman Doa Gereja Seitai Hoshikai, Jepang. Dibuat oleh daiku (ahli kayu) dari Jepang, yakni Ichiro Urano san yang juga merupakan saksi mata peristiwa Ilahi patung Bunda Maria meneteskan air mata di Akita, Jepang. Pembangunan kapel ini dikerjakan secara apik oleh pengrajin-pengrajin lokal Indonesia di Jepara, Klaten, dan Muntilan. Pengunjung wajib membuka alas kaki saat memasukinya.

Mudah sekali bagi umat Paroki Cililitan menuju taman doa yang cantik ini. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun Transjakarta.

Menuju Taman Doa Our Lady of Akita dengan Transjakarta dapat naik koridor 5C (PGC 2 – Juanda) turun di halte Balai Kota dilanjutkan koridor 1A (Balai Kota – Pantai Maju). Turun di halte depan Sekolah Tzu Chi PIK untuk kemudian dilanjutkan naik DAMRI menuju halte Tokyo Osaka di kawasan PIK 2, dari situ dilanjutkan jalan kaki sekitar 10 menit menuju Taman Doa.

Kapel ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Misa dilaksanakan setiap Jumat terakhir dalam bulannya pada pukul 19.00 WIB.  Direkomendasikan untuk datang pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu menyengat.

Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

The Garden of Mary

 

Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

Patung kayu Bunda Maria dan Santo Yosef

 

Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

Kapel Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

 

Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

Patung Santo Peregrinus dan Santo Antonius Padua

 

Taman Doa Our Lady of Akita PIK 2

Patung Yosef  Tidur