Dalam perayaan Ekaristi, petugas yang terlibat didalamnya memiliki fungsi dan peran masing-masing. Para petugas yang siap sedia melayani dengan sigap membantu perayaan Ekaristi tetap sakral dan khidmat. Diantara para petugas ini, kita pasti mengenal Putra Altar dan Putri Sakristi, para sosok remaja ini kerap membantu Imam dalam memimpin Ekaristi. Bila Putra Altar melayani selama misa berlangsung, Putri Sakristi akan mempersiapkan kebutuhan liturgi agar berjalan baik dan lancar.

Peran vital ini tidak mudah dilakukan tanpa integritas dan latihan yang rutin. Setiap anggotanya telah cukup berlatih dengan baik dan teratur hingga siap melayani dalam perayaan liturgi serta secara penuh menyadari semangat liturgi. Para anggota ini pun selain mendapat pelatihan dan pengetahuan akan tugas dan hal-hal yang bersifat liturgis, mereka akan menjalani pelantikan sebelum terjun kedalam bertugas dalam perayaan Ekaristi.

Pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 10 September 2022 sebanyak 14 anggota Putra Altar dan 15 anggota Putri Sakristi telah dilantik oleh Romo Ignatius Swasono,SJ. Pelantikan yang berlangsung bersamaan dengan Misa Sabtu Sore itu, terisi oleh wajah-wajah baru yang siap melayani perayaan Ekaristi kedepannya. Dalam pelantikan tersebut, Romo Swa berpesan supaya Putra Altar dan Putri Sakristi tetap bersemangat dalam melayani Tuhan dan Umat serta tidak perlu takut bila mengalami kesalahan dalam bertugas.

Menurut Ketua Putra Altar, Andrew Rafhael, jumlah anggota baik Putra Altar maupun Putri Sakristi, mengalami peningkatan jumlah anggota aktif. Dengan jumlah anggota yang ada saat ini dapat dikatakan mencukupi untuk bertugas disetiap misa mingguan maupun misa besar. Meskipun sudah mencukupi namun tetap memberi kesempatan seluas-luasnya bagi anak muda di Gereja Santo Robertus Bellarminus untuk bergabung turut serta melayani Tuhan dan Umat.

Acara pelantikan Putra Altar dan Putri Sakristi hari itu, ditutup dengan acara ramah tamah di Pastoran bersama Romo Swa. Dari pelantikan ini kita berharap semoga para Putra Altar dan Putri Sakristi ini dapat terus semangat menjalani tugas-tugasnya dan semakin berkembang dalam iman.