Sejarah Hari Anak Nasional dimulai sejak era Presiden Soekarno. Presiden Soekarno yang awalnya mencetuskan Hari Kanak-Kanak Indonesia. Namun, prosesnya yang lama membuat penetapan peringatan Hari Anak Nasional baru dilakukan di masa pemerintahan Presiden Soeharto. Sejak itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan anak dan mendorong kepedulian semua pihak dengan menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional. Dengan dasar itu, pemerintah pun menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Tanggal tersebut dipilih berdasarkan tanggal pengesahan UU tentang Kesejahteraan Anak. Peringatan Hari Anak Nasional pun dilakukan dari tingkat pusat hingga daerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah anak.

Bina Iman Anak (BIA) St. Robertus Bellarminus mengadakan Hari Anak Nasional tepat pada hari Minggu, 23 Juli 2023 dengan tema : “Lingkungan Aman, Anak Bahagia.”
Ada pun kakak² BIA membuat acara tersebut untuk mengingatkan kepada orang tua dan sesama akan keberadaan anak-anak serta apa saja yang telah dilakukan dan apa saja yang akan dilakukan untuk masa yang akan mendatang agar anak-anak semakin berkualitas dalam pendidikan, kesehatan, tumbuh kembang, berakhlak mulia dan menjadi generasi penerus bangsa yang jujur, adil, tanggung jawab, cerdas, kuat serta taat kepada Tuhan. Karena anak-anak adalah cerminan murni kejujuran dan kepolosan serta cintailah anak-anak dengan memberikan mereka kasih sayang tanpa batas. Hanya dengan cinta, orang tua bisa membantu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang dengan bahagia. Cita-cita dan impian anak-anak adalah kompas bagi perjalanan kehidupan mereka. Mari kita dukung dan berdoa agar anak-anak kita dapat mencapai impian-impian tersebut.

Kakak² BIA mengucapkan banyak terimakasih kepada :
– Romo
– Bapak Ibu DPH
– Bapak Ibu Ketua Wilayah
– Bapak Ibu Ketua Lingkungan
– Bapak Ibu Katekis
– Bapak Ibu Kepala Sekolah, Guru² dan Karyawan TK, SD, SMP Sekolah St. Markus 1
– Ortu & Anak² Penari
– Kakak² Komsos
– Bapak² Sie Parkir
– Bapak Ibu Umat Lingkungan
Atas pelayanan dan kolaborasi dalam Hari Anak Nasional. Puji Tuhan acara Hari Anak Nasional berjalan dengan sangat lancar dan banyak yang bantu serta terlibatnya acara ini dalam menyumbangkan tenaga, waktu dan memberikan makanan minuman tradisional untuk anak².

Kakak² BIA mohon maaf jika dalam persiapan dan pelaksanaan acara ini terdapat banyak kekurangan dan kesalahan informasi yang didapat. Semoga kedepannya, kakak² BIA bisa memperbaikinya dan kami tetap saling bekerjasama.

Terimakasih
Tuhan Yesus Memberkati