SINOPSIS

Bagian akhir sebuah ibadat lingkungan di rumah Ibu Simpi. Yang  hadir tak banyak, ibu-ibu sepuh, tak ada orang muda. Setelah  lagu penutup, Ketua Lingkungan mengumumkan rangkaian jadwal  kegiatan Lingkungan berikutnya: masa Advent. Ibu Petrus,  sesepuh di Lingkungan mengungkapkan keprihatinan akan  ketiadaan partisipasi orang muda dalam kegiatan lingkungan.  Ketika salah satu ibu menanyakan keberadaan suami dan anak  pada Ibu Simpi, dirinya menjadi sedih.

Nicole, anak Ibu Simpi pulang kerja dalam keadaan letih,  banyak membawa bahan pekerjaan. Terjadi dialog panjang antara  Ibu Simpi dan Nicole:

Tentang harapan Ibu Simpi(mewakili gereja), kerinduan akan  kaum muda agar mau terlibat aktif dalam kegiatan gereja.  Tentang merawat rohani. Tentang Orang Muda sebagai masa depan  gereja. Tentang masalah/ pandangan anak (mewakili pandangan  kaum muda saat ini mengenai prioritas).

Nicole membela diri, bahwa baginya cukup datang ikut misa  seminggu sekali ke gereja. Masing masing mempertahankan  argumennya.

Pak Anto pulang kerja. Dialog berlanjut antara Ibu Simpi dan  Bapak Anto:

Bapak Anto tipikal orang yang cari gampang, penyerahkan semua  urusan rumah, juga urusan Lingkungan/ gereja untuk diwakilkan  ibu. Nicole merasa senang karena merasa mendapat pembelaan. Ibu Simpi menjadi emosi. Kemudian mengingatkan Pak Anto akan  janji perkawinan untuk mendidik anak yang dipercayakan Tuhan.

Hari berikutnya Pak Anto berkunjung ke rumah Pak Iwoe, teman  lama sekaligus warga satu Lingkungan. Kondisi kesehatan Pak  Iwoe sudah sangat memprihantinkan. Ia terkena stroke dan  tinggal seorang diri. Terjadi perbincangan, bahwa Pak Iwoe  merasa diteguhkan oleh sapaan rutin warga Lingkungan. Ia  merasa dikuatkan. Sekadar sapaan dan doa sudah sangat berarti  baginya.

“JANJI” Film pendek Komsos Paroki St. Robertus Bellarminus untuk FFA KAJ 2023 1

Di tempat kerja, secara tidak sengaja Nicole mendengar dua  orang rekannya yang sedang membicarakan dirinya. Intinya,  Nicole dianggap cari muka dengan pekerjaan-pekerjaan rapi dan  selalu selesai lebih awal dari tenggat waktu yang diberikan.  Salah satu dari mereka menyatakan ketidaksukaan pada Nicole.  Padahal ketika dua orang bertemu, tampak akrab dan bersahabat terhadap Nicole.

Terjadi Perbincangan Pak Anto dan Nicole pada malam harinya  sepulang Nikole dari tempat kerja. Pak Anto menceritakan  pertemuannya dengan Pak Iwoe yang sangat mengesan bagi  dirinya. Ia merasa tersentuh. 

Ibu Simpi yang menerima telpon dari Ketua Lingkungan yang  meminta tempat untuk pertemuan advent pertama.

Secara mengejutkan, Pak Anto menawarkan diri untuk memimpin  ibadat. Ibu Simpi sangat gembira. Nicole yang menyimak apa  yang barusan terjadi. Nicole sampaikan pada Bu Simpi bahwa  lelah juga jika hanya melulu berpikir soal karier/ pekerjaan. 

Kemudian Nicole mengangkat telpon, menghubungi pihak lain.

Pada Ibadat Advent pertama….

Sebuah ujung ibadat Lingkungan di rumah Ibu Simpi. Yang hadir  banyak, ibu-ibu sepuh dan beberapa orang muda. Setelah lagu  penutup, Ibu Petrus mengungkapkan rasa gembira bahwa ia  merasakan acara lingkungan yang semarak. Hal ini sungguh  memberikan kegembiraan dan kelegaan. Di depan jendela kita  melihat pohon mawar yang sedang menumbuhkan kuncup-kuncup  bunga.

Selesai

CAST :

  • SESILIA SIMFOROSA
  • ROBERTUS ANTO
  • NICOLE DARA PASSA
  • ALBERTUS IWAN 
  • BENEDICTA THERESIA
  • ANGGELINA SESILIA RAHAYAAN

SONGS BY

  • ONGGO LUKITO 

MUSIC BY

  • ONGGO LUKITO 

DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY

  • LULIK KURNIANTO
  • TOMMI GUNAWAN
  • EDITOR IGNATIUS BOBBY K

ART DIRECTOR

  • DANNY MONTEGARZA
  • TOMMY NANDEZ

MAKE UP

  • MARIA POPPY MARIA BENEDICTA ANINDYAH

ACTNG COACH

  • ALBERTUS IWAN

SCREENPLAY BY PAULUS AGU

PRODUCE BY PAULUS AGUS

DIRECTED BY EGOSOUL