LOMBA TUTUR KITAB SUCI ANAK SERTA CERDAS CERMAT ROHANI KATEGORI ANAK DAN REMAJA DI PAROKI CILILITAN DALAM RANGKA PESPARANI KE 3,  2023.

Paroki Cililitan pada hari Sabtu tanggal 21 Januari jam 10.00 -14.00, kami telah berhasil menyelenggarakan Lomba Kitab Suci untuk Anak (7 – 12 tahun) dan Remaja (13 – 17 tahun) untuk tiga katagori yaitu :

  1. Lomba Tutur Kitab Suci Katagori Anak.
  2. Lomba Cerdas Cermat Katagori Anak
  3. Lomba Cerdas Cermat Katagori Remaja.

Lomba ini kami selenggarakan dengan mengikuti Agenda Pesparani 3 yang akan diselenggarakan oleh Departemen Agama melalui Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Sebagaimana diketahui bahwa sejak 6 tahun yang lalu Umat Katolik mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan Pesparani (Pesta Paduan Suara Gerejani) yang meliputi Lomba Paduan Suara dan Kitab Suci (sebelumnya bersama dengan umat Kristen lainnya dalam Pesparawi). Pesparani 3 secara nasional akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2023 di Jakarta merupakan Lomba antar Propinsi di Indonesia.

Lomba Kitab Suci pada Pesparani ini dimaksudkan untuk memupuk kecintaan anak-anak dan remaja akan Kitab Suci dan kami menyelenggarakan  lomba ini untuk memilih satu orang terbaik dari masing-masing katagori di atas dan akan mewakili Paroki Cililitan pada lomba antar paroki di DKI Jakarta yang akan diselenggarakan oleh LP3KD-DKI Jakarta.

Pada lomba Tutur Kitab Suci yang merupakan lomba perorangan, peserta diminta memilih satu  dari 10 perikop dan menceriterakan kembali isi dari perikop yang dipilih (bukan membaca) selama 7 – 10 menit. Sepuluh perikop tersebut :

  • Menyebrangi Laut Teberau ( Keluaran 14: 15-30 )
  • Pecahnya Kerajaan Israel ( 1 Raja-raja 12:1-24 )
  • Elia di Gunung Karmel ( 1 Raja – raja 18: 17 – 39 )
  • Salomo, Raja yang bijaksana ( 1 Raja-raja 3: 16-28)
  • Daniel di gua Singa (Daniel 6: 1-38 )
  • Perumpamaan tentang pengampunan ( Matius 18 :21-35)
  • Yesus mengusir Roh Jahat dari orang Gerasa (Markus 5 :1-20 )
  • Perumpamaan tentang Anak yang hilang ( Lukas 15: 11-32)
  • Perkawinan di Kana ( Yohanes 2:1-12)
  • Pertobatan Saulus ( Kisah 9: 1-19a)

Kriteria yang dinilai dalam Lomba Tutur Kitab Suci meliputi : pemahaman cerita, ekspresi, artikulasi, intensitas/dinamika,  tempo, pembagian peran, penampilan, penguasaan panggunggdan audiens.

Lomba Cerdas Cermat merupakan lomba perorangan, dengan materi diambil dari  Kitab Suci Perjanjian lama, Kitab Suci Perjanjian Baru, Liturgi Gereja dan Pengetahuan Umum. Para peserta masing-masing harus menjawab 4 pertanyaan wajib (benar mendapat nilai 100, salah menmdapat nilai 0)  dan 6 pertanyaan yang diperebutkan (benar mendapat nilai 100, salah mendapat nilai -100). Sebelum lomba para peserta kami berikan kisi-kisi soal berupa bank soal. 

 

Foto Pemenang Lomba

Lomba Kitab Suci yang baru saja kami selenggarakan diikuti oleh  4 orang peserta untuk katagori Tutur Kitab Suci, 9 orang  peserta untuk katagori Cerdas Cermat Anak dan 4 orang peserta untuk katagori  Cerdas Cermat Remaja. Juara 1 dari setiap katagori akan mewakili Paroki Cililitan dalam lomba antar paroki di DKI Jakarta pada bulan Maret 2023 (Babak Penyisihan) dan April 2023 (Babak Final) untuk lomba Tutur Kitab Suci dan bulan Mei 2023 untuk lomba Cerdas Cermat. Peserta sebagai juara 1 dalam lomba di Paroki Cililitan dan nanti akan mewakili Paroki Cililitan pada Lomba di DKI Jakarta adalah :

  1. Katagori Tutur Kitab Suci : Agustina Rinjani Narantraya.
  2. Katagori Cerdas Cermat Anak : Gabriella Kiandra Ayunindya Poerwantoro
  3. Katagori Cerdas Cermat Remaja : Fidelis Elnathan Marvel Sitinjak

Peserta lomba Kitab Suci terdiri dari 4 peserta untuk katagori Tutur Kitab Suci, 9 peserta untuk katagori Cerdas Cermat Anak dan 4 peserta untuk katagori  Cerdas Cermat Remaja. Juara 1 dari setiap katagori akan mewakili Paroki Cililitan dalam lomba antar paroki di DKI Jakarta.

 

Jakarta, 25 Januari 2023