Jakarta – Seksi Kesehatan Gereja St. Robertus Bellarminus Cililitan bekerjasama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Aksi Donor Darah di Ruangan SD ST. MARKUS 1, Minggu 19 Maret 2023 Pukul 08.00 – 12.00 WIB.

   Aksi Donor darah yang telah disetujui oleh Romo Paroki dan Dewan Paroki ini menjadi Salah satu Kegiatan Rutin yang selalu diadakan Per 3 bulan sekali dalam 1 tahun. Jumlah calon pendonor yang terdaftar pada aksi donor darah kali ini sebanyak 86 orang tetapi yang memenuhi kriteria calon pendonor yang telah ditetapkan oleh PMI hanya sebanyak 68 orang. Jumlah calon pendonor yang ditolak sebanyak 14 orang, 9 diantaranya memiliki tensi darah yang tinggi, 3 orang memiliki tensi darah yang rendah dan 2 orang baru mengkonsumsi obat rutin beberapa hari terakhir. Jumlah ini belum mencapai target yang ditentukan oleh Seksi Kesehatan yaitu sebanyak 75 orang.

   Antonius Tukiran dari Seksi Kesehatan Paroki dalam wawancaranya menjelaskan bahwa Terdapat beberapa kriteria dasar yang harus dipenuhi oleh pendonor yaitu berusia antara 17 sampai 65 tahun, sehat secara Jasmani dan rohani, memiliki kadar Hemoglobin (Hb) minimal 12 gr/dl,  bagi pendonor yang baru mengonsumsi obat rutin seperti obat darah tinggi dan kolesterol maka tidak bisa mendonor. tidak hanya itu bagi wanita yang baru selesai datang bulan juga tidak bisa mendonor.

   Menurut data beliau rata-rata usia pendonor yang rutin mengikuti aksi donor darah adalah dari kalangan Lansia dengan kisaran umur antara 51 sampai 65 tahun. Dalam penuturannya, beliau sangat ingin menggerakan anak-anak muda agar mau mengikuti aksi donor darah ini karena tidak hanya untuk membantu sesama tetapi donor darah juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, dengan adanya pergantian darah dalam tubuh setiap 3 bulan sekali membantu merangsang produksi sel-sel darah baru sehingga tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien selain donor darah juga dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.