Foto Bersama Romo Ign. Swasono, SJ dengan Perwakilan Umat dari Lingkungan. Membaw alingkaran korona masing-masing.

Pada Jumat, 1 Desember 2023 merupakan  hari Jumat pertama di bulan Desember.  Misa Jumat Pertama selalu diadakan di setiap paroki. Ada yang istimewa pada Jumat Pertama, 1 Desember 2023 di Paroki Cililitan, karena selain Misa Jumat Pertama juga dilaksanakan Pemberkatan lilin korona.

Warna warni lilin yang cantik dari masing-masing lingkungan yang ada di Paroki Cililitan itu menambah atmosphere yang indah.

Misa Jumat Pertama, 1 Desember 2023 juga bertepatan dengan Peringatan Wajib Beato Dionisius dan Redemptus a Cruce, Martir Indonesia.

Dalam khotbahnya, Romo Ignatius Swasono, SJ mengatakan bahwa Beato Dionisius dan Redemptus a Cruce, Martir Indonesia adalah saksi iman dan kemudian menjadi martir.

Pemberkatan Lilin Korona oleh Romo Ign.Swasono, SJ

 

Usia mereka tidaklah panjang, karena Dionisius berusia 38 tahun dan Redemptus bersusia 40 tahun.

Berdasar bacaan Surat Paulus kepada Jemaat di Galatia dikatakan bahwa Kristus hidup dalam kita. Kita menjadi saksi iman bahwa Yesus hidup dalam hati kita.

Beato Dionisius dan Redemptus menjalankan perintah untuk “Pergilah, jadikan semua bangsa umatKu.”

Mereka diutus untuk membaptis semua orang. Membaptis bukan berarti mengubah nama tetapi mengubah hidup.

 

Pemberkatan Lilin Korona

 

Sedangkan korona berarti lingkaran. Masing-masing minggu mempunyai misterinya tersendiri. Namun pusat dari lingkaran advent itu bukan pada lilin tetapi tetapi yang menyatukan pusat hidup kembali dan dikembalikan kepada Allah melalui PuteraNYA.

Dalam setiap lingkaran Advent, Tuhan selalu menyertai kita seperti yang tertulis dalam Kitab Suci bahwa “Aku akan menyertai engkau sampai akhir zaman.”